Laptop Black Screen Gak Bisa Ngeblog Lagi !!

Esthonoles - Hallo sobat blogger apakabar semuanya ??. sudah lama sekali saya tidak update artikel di blog ini karena emang lagi gak sempet hehe,, cerita sedikit gak apa2kan. jadi begini gaes, kira-kira satu minggu yang lalu si doi yang biasa di pake buat ngeblog tiba2 mengalami black screen bahasa gaulnya sih layarnya tidak menampilkan apa2 alias kosong cuma layar hitam doang.

penyebab laptop black screen
Cerita Horror !!

Ketika laptop dinyalakan layar tidak menampilkan apa2 dilayar, yang muncul hanyalah layar gelap, wah,, saya lumayan panik, tiba2 laptop saya mengalami blackpink ehh, black screen maksudnya :), saya coba utak atik tapi tetap aja layar no display, yaudah saya tanya ketemen saya yang lumayan paham masalah komputer. si masbro jawab begini "wah masalahnya banyak broo, bisa jadi masalah software atau juga bisa jadi hardware."

jadi yaudah saya coba2 cari masalahnya di internet ternyata banyak sekali penyebab black screen itu mulai dari solusi yang ringan sampe yang berat (maksudnya ganti laptop baru ). dari beberapa masalah yang saya dapatkan di google ternyata banyak sekali mulai dari : software, vga, ram, harddisk, sampe ke mobonya juga.

cara mengatasi black screen

Hal pertama yang saya cek yaitu permasalahan pada software, saya coba masuk ke save mod ehh tapi masalahnya lagi-lagi gak bisa masuk BIOS karena laptopnya black screen, oke cara pertama saya skip dulu.

Cara yang kedua yaitu saya memeriksa pada bagian RAM, disini saya coba membersihkan bagian logam kuningan di bagian RAM kata orang2 sih begitu bisa jadi kepingan RAM nya kotor atau sudah lemah, yaudah akhirnya saya coba bongkar2 laptop sendiri dengan nekat, dan lagi-lagi  laptop gak nyala, tanpa pikir panjang saya coba beli RAM  di olshop saya mengira mungkin RAM nya yang perlu di ganti tapi ini lebih apes lagi temen-temen, RAM yang saya beli itu berbeda dengan RAM yang ada pada komputer saya.

RAM yang saya pake yaitu DDR3L sedangkan yang saya beli di Olshop DDR3 biasa, bagi yang belom tau tentang perbedaan DDR3L dan DDR3 yaitu terletak pada tegangan pada ram tersebut. kalo DDR3 menggunakan tegangan 1.5volt sedangka yang DDR3L itu menggunakan teganan 1.35volt, yah tentu saja karena berbeda tegangan jadi laptop juga gak nyala.

Permasalahaan yang selanjutnya mungkin yang terjadi pada VGA, mungkin buat teman-teman yang laptopnya menggunakan dual vga kalian bisa melepas salah satu vga nya, tapi berhubung laptop saya laptop cupu yang vga_nya nempel  pada motherboard, yaudah saya disini pasrah dan akhirnya si doi dibawa ke tempat servis.

esthonoles || Unpam

oke hasil dari diagnosa dari tempat servis kata abang2 servisnya :"ini yang kena motherboardnya mas kalo di servis kira2 350k sama partnya ". yaudah akhirnya saya tanya2 juga pada abang2nya biasanya penyebab umumnya laptop jadi black screen itu apa aja.

oke katanya sih banyak mulai dari karena umur pemakaian yang cukup lama alias laptop udah tua jadi perangkat elektroniknya ada yang lemah. dan bisa juga karena overheat dan banyak sekali seperti yang telah saya sebutkan diatas.

oke gaes curhatan malam minggunya segini aja mungkin bagi teman-teman yang pernah mengalami hal semacam ini buat yang belom pro dan belom paham soal komputer mungkin sebaiknya kalian bawa ke tempat servis atau tanya ke teman-teman yang lebih paham.

0 Response to "Laptop Black Screen Gak Bisa Ngeblog Lagi !!"

Post a Comment

Komentar Sesuai isi konten blog, untuk komentar yang mengandung link aktiv admin tidak publiskasikan,berkomentarlah yang bijak
Be Smart People Gaess,,,,,

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel