Apa Itu File Sistem?

Esthonoles - Setelah aktifitas perkuliahan selama satu minggu ternyata lumayan banyak sekali tugas yang harus saya kerjakan gaes, jadi efeknya blog ini terbengkalai lagi dan gak pernah post artikel terbaru, tapi yaudah gak ada bahan juga hehe,,

sistem file
photo By: esthonoles
Jadi gini teman-teman kira2 satu minggu yang lalu saya dapat tugas presentasi dari dosen pada mata kuliah sistem berkas, nah yang akan saya bagikan pada kesempatan kali ini yaitu merupakan ringkasan-ringkasan dari makalah yang telah saya susun untuk tugas kuliah tersebut, jadi judul makalanya yaitu "Sistem File".

Disini saya akan sedikit jelaskan pengertian sistem file, sistem file itu apa aja, dan bagian-bagian pada sistem file itu sendiri serta kelebihan dan kekurangan pada sistem file tersebut, baiklah gak usah kebanyakan bacot kita langsung aja ke pembahasan yang pertama.

Apa Itu Sistem File ?

System File atau disebut juga dengan File System merupakan metode penyimpanan file pada komputer atau mendia penyimpanan komputer dalam mengatur lokasi file tersebut.

Fungsi Sistem File
  • Fungsi file system salah satunya untuik emmberi nama pada berkas dan meletakkannya pada media penyimpanan. 
  • fungsi lainnya adalah sebagai konvensi penamaan berkas dan peletakkan berkas pada struktur direktori.

Hubungan Sistem File

Hubungan file system merupakan interface yang menghubungkan sistem operasi dengan Disk.
Ketika program menginginkan pembacaan dari harddisk atau media penyimpanan lainnya, sistem operasi akan meminta file sistem untuk membuka file yang diminta tersebut.

Jenis – Jenis File Sistem

1. FAT 32

FAT 32 ~ Merupakan sistem berkas yang menggunakan unti alokasi yang memiliki batas hingga 32-Bit keunggulan FAT32 adalah menampung jumlah cluster yang elbih besar dalam partisi. namun, kelemahan menggunakan file sistem ni adalah terbatasnya sistem operasi yang bisa mengenal FAT32.

struktur fat32
Gambaran Struktur FAT32
Penjelasan Struktur FAT 32

  • Pada area Boot Record, terdapat bnerbagai mamcam coding untuk booting sistem operasi .
  • Pada Reserved Area : Area ini berguna sebagai cadangan dan berfungsi untuk menyimpan informasi tertentu.
  • Pada FAT #1 dan FAT #2 terdapat manajemen Cluster (allocation unit (unit alokasi) dalam beberapa sistem berkas (file system) dan pengorganisasian disk, seperti File Allocation Table dalam sistem operasi MS-DOS dan NTFS dalam Windows NT merujuk kepada kumpulan sektor media penyimpanan yang digunakan oleh sistem operasi sebagai sebuah kesatuan, yang dapat digunakan untuk menyimpan informasi di dalam berkas atau direktori).
  • Pada Data Area tempat dimana data disimpan.

2. NTFS

NTFS atau (New Techonolgy file system) merupakan sebuah sistem berkas terbaru yang dikeluarkan oleh windows sejak tahun 2002.

File sistem ini merupakan sebuah design file sistem sederhana namun lebih baik dari versi FAT, 
NTFS memiliki fitur hak akses, enkripsi data, serta toleransi terhadap kesalahan.

Apa itu ntfs
Gambaran Struktur File Sistem NTFS
Penjelasan Struktur NTFS
  • Master Boot Record : Berisi kode yagn dimuat oleh Bios ke sistem memori, kode memindai MBR untuk menemukan tabel partisi yang menentukan partisi mana yang menjadi partisi aktif atau bootable. 
  • Partisi Bootable : berfunsi menyimpan informasi tentang tataletak volume dan struktur sistem file serta kode booting yang memuat NTDLR.
  • Bagian NTDLR : Berfungsi mengaktifkan ke mode yang dilindungi, memulai sistem file dan kemudian membaca isi berkas boot, informasi ini menentukan pilihan startup dan pilihan menu boot awal.
  • Pada kernel Mode berfungsi sebagai mode pemprosesan yang memungkinkan kode memiliki akses langsung ke semua perangkat keras dan memori disisitem.
  • Pada mode pengguna yaitu dimana aplikasi dijalankan.

Perbedaa FAT32 dan NTFS   
         
* FAT 32
  • Kecepatan akses FAT 32 lebih lamban karena fitur lama serta jika data terfragmentasi maka proses membutuhkan waktu lama.
  • FAT 32 tidak memiliki fitur keamanan data.
  • FAT 32 memiliki daya tahan yang lemah karena tidak memiliki fitur pemulihan terhadap kesalahan.
  • Kompatible dengan sistem file lain karena FAT 32 bisa membaca semua partisi baik FAT32 maupun NTFS. 


*NTFS
  • Kesepatan akses data pada NTFS lebih cepat karena NTFS menyimpan atribut dalam MFT (Master File Table).
  • NTFS Memiliki fitur keamanan data Built in security untuk mengatur perizinan dari masing-masing file maupan direktori.
  • NTFS memiiliki fitur daya tahan trancastion logging yaitu pemulihan terhadap kesalahan. 
  • Tidak kompatible dengan sistem file lain
3. EXT 4 (ESTENDE FILE 4) 
adalah sistem file pada linux yang dirilis secara stabil dan kompatible dari fitur sebelumnya. 

~ Kelebihan EXT 4 :
  • Telah dinyatakan stabil dan didukung sejak kernel linux 3.6.28
  • Didesign untuk memberikan performa yang lebih baik dan peningkatan kemampuan.
  • Mengurangi waktu yang diperlukan untuk melakukan pengecekan hardisk.
  • EXT 4 memiliki keunggulan yang significant dalam menulis dan membaca file berukuran besar

~ File system pada Linux:
Linux memiliki aturan sendiri dalam menentukan hirarki direktori yang diatur dalam file system hierarchy standard (FHS), yang standarisasinya saat ini dikelola oleh linux fondation FHS ini sekarang telah sampai versi 2.3 yang dirilis tahun 2004 lalu.

~ Linux File System Hierarchy

file sistem linux
Gambaran Struktur File sistem pada linux

Sistem linux memilik struktur direktori meyerupai pohon, dengan root “/” sebagai yang utama (akarnya), dilanjutkan dengan file direktori dan subdirektori dbawahnya.

Baiklah sobat Estho itu dia tadi penjelasan tentang sistem file dan bagian-bagian dari file sistem, semoga artikel ini dapat membantu teman-teman dalam mengerjakan tugas kuliah kalian hehehe :').

Seperti biasa admin ingatkan lagi jika kalian suka dengan artikel ini jangan lupa tinggalkan jejak dikomentar, komentar-komentar kalian sangat dibutuhkan sekali buat membangung blog ini gaess.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel