Catatan Penting Setelah Install Fedora Linux - Fedora 36 Workstation

Postingan kali ini agak berbeda dari biasanya karna yang akan saya bahas merupakan distro turunan dari redhat yang baru saya jajal akhir-akhir ini, sebelumnya saya menggunakan distro ubuntu dan sempat juga menggunakan manjaro linux yang saya gunakan sebagai daily driver di laptop saya.
Fedora Linux
Fedora Linux

Pertama kali saya menggunakan fedora entah kenapa saya langsung suka dengan distro yang satu  ini, jadi saya berisiniatif untuk membuat catatan-catatan sebagai dokumentasi saya hal apa saja yang perlu teman-teman lakukan ketika pertama kali setelah menginstall fedora linux.

Berikut hal-hal yang salah lakukan setelah menginstall fedora linux, cara ini juga berdasarkan dari referensi dari video-video youtube para master-master linux :).

# Optimasi DNF Config

buka file dnf.conf dengan mengetikkan perintah
sudo nano/etc/dnf/dnf.conf
Kemudian tambahkan baris berikut di dalam dnf.conf
fastestmirror=True
max parallel downloads=10
defaultyes=True

# Update System

setiap kita melakukan instalasi linux pastikan kita selalu melakukan update ke repositorinya untuk mendapatkan update terbaru dari package-package linux.
sudo dnf update

# Enable RPM Fusion

RPM Fusion merupakan repository pihak ketiga, klo tidak salah seperti halnya penggunaan AUR pada Distro Arch linux, jadi kita bisa mendapatkan package-package tambahan yang tidak tersedia di repository fedora.

Berikut cara menambahkan RPM Fusion pada fedora linux :
sudo dnf install https://download1.rpmfusion.org/free/fedora/rpmfusion-free-release-$(rpm -E %fedora).noarch.rpm https://download1.rpmfusion.org/nonfree/fedora/rpmfusion-nonfree-release-$(rpm -E %fedora).noarch.rpm
kemudian lakukan update metadata menggunakan dnf dengan mengetikkan
sudo dnf groupupdate core

# Install Media Codec

sudo dnf groupupdate multimedia --setop="install_weak_deps=False" --exclude=PackageKit-gstreamer-plugin

# Install Extention dan Aplikasi Pendukung Lainnya

untuk tahap terakhir ini merupakan opsional aja, misal jika kita menggunakan Dekstop enviroment Gnome kita bisa menginstall gnome-tweaks-tools atau juga bisa menambahkan gnome-extention untuk melakukan customize tampilan linux kita.

5 Hal penting yang saya harus dilakukan setelah install fedora linux yang menjadi catatan penting buat dokumentasi perjalanan saya menggunakan distro linux fedora, semoga hal ini dapat membantu teman-teman yang juga baru mulai menggunakan fedora linux.

Tags: #fedoralinux, #fedora untuk pemula, #Instalasi fedora linux

Referensi :

0 Response to "Catatan Penting Setelah Install Fedora Linux - Fedora 36 Workstation"

Post a Comment

Komentar Sesuai isi konten blog, untuk komentar yang mengandung link aktiv admin tidak publiskasikan,berkomentarlah yang bijak
Be Smart People Gaess,,,,,

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel