Program IF Sederhana Pada CPP

Esthonoles - Seperti biasa saya akan kembali berbagi sedikit ilmu nih gaes :), pada kesempatan kali ini saya akan sedikit membahas tentang Decison IF lebih tepatnya penggunaaan percabangan IF dalam C++. 
contoh program if sederhana
Mengenal Percabangan IF
Dalam bahasa pemrograman ada yang namanya pernyataan untuk menentukan kondisi yang benar dan kondisi yang salah, nah oleh karena itu IF dalam suatu program berfungsi untuk menyatakan suatu kondisi bernilai benar maka perintah akan dijalankan atau dikerjakan, jika kondisi salah maka perintah tidak akan dikerjakan.


#Fungsi IF - Else
Percabangan If - Else adalah percabangan yang mempunyai dua kondisi pernyatan, atau dua blok pilihan yaitu salah dan benar.
#include <iostream>
using namespace std;

int main()
{
 int pilih;
 cin>>pilih;
 if(pilih == 1)
  {
   cout<<"yang dipilih satu":
  }
 else
 {
  cout<<"yang anda masukkan bukan angka Satu";
 }
}
Baiklah kita bahas satu - satu persatu kodingan diatas, pada contoh tersebut saya membuat variabel "pilih" bertipe data integer karena yang akan kita input nantinya akan menggunakan angka.

Apabila variabel "pilih" bernilai 1 maka yang akan dicetak {"yang dipilih satu"}, jika tidak atau selaing angka 1 maka yang akan dicetak {"yang anda masukkan bukan angka satu"}, mari kita lihat struktur dari fungsi if - else.
if(kondisi){
 statemen 1;
 //kondisi yang dijalankan ketika benar
}
else {
 statemen 2;
  //kondisi dijalankan ketika salah
}
penggunaan if esle if dlaam cpp
Hmm, gambar cuma pemanis doang :')
#Fungsi IF- Else If
fungsi ini memiliki banyak percabangan atau meiliki lebih dari dua kondisi, fungsi if-else if ini biasanya juga disebut dengan percabangan if majemuk karena di memilik banyak blok pilihan.
#include <iostream>
using namespace std;

int main()
{
 int nilai;
 cout<<"program hitung grade nilai"<<endl;
 cin>>nilai;
 if (nilai >= 90){
  cout<<"Grade = A";
 }else if(nilai >= 80){
  cout<<"Grade = B";
 }else if (nilai >=60){
  cout<<"Grade = C";
 }else if(niali>=50{
  cout<<"Grade = D";
 }esle if (nilai < 50){
  cout<<"Grade = E";
 }
}
Sebenarnya dalam kodingan diatas kita bisa saja mengguakan IF, langsung menggantikan Else tetapi itu cara yang salah, karena jika kita menggunakna IF lagi maka itu akan membuat pernyataan yang berbeda dari kondisi IF yang sebelumnya.

Baiklah teman - teman mungkin ini saja sharing kita pada artikel kali ini, jangan lupa tinggalkan jejak dikomentar ya :),

Salam Koding 
Jangan Lupa ";" ( titik koma :').

0 Response to "Program IF Sederhana Pada CPP"

Post a Comment

Komentar Sesuai isi konten blog, untuk komentar yang mengandung link aktiv admin tidak publiskasikan,berkomentarlah yang bijak
Be Smart People Gaess,,,,,

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel