Cara Install Linux Ubuntu di Virtual Box || By : TutorNob

Isntall Ubuntu Dengan VirtualBox By: TutorNob
Ok teman - teman TutorNob ada artikel baru nih,,, artikelnya tentang tutorial gitu gaes. nah tutorial yang akan saya bagikan ini mengenai tentang instalasi linux, nah seperti judul dari artikel ini yaitu Cara Install Linux Ubuntu di VirtualBox. bagi teman teman yang belum tahu Apa Itu Virtual.Box? admin akan jelaskan sedikit tentang aplikasi yang satu ini.

VirtualBox - Adalah sebuah aplikasi yang bisa kalian gunakan untuk mengeksekusi sistem operasi "tambahan" di dalam sistem operasi "utama" nah itu versi wikepedia gaes,, lebih mudah nya software yang satu ini dapat kita gunakan untuk memvisualisasikan sebuah atau bermacam - macam sistem operasi di dalam sistem operasi utama kita.

jadi dengan software ini kalian tidak perlu menggunakan banyak komputer untuk menguji atau memakai beberapa sistem operasi gaes,,,

Ok gaes saya akan kasi gambaran sedikit. Kebetulan saat saya menulis artikel saya mendapatkan tugas untuk membuat database dari mariadb di ubuntu gaes,, nah sedangkan sistem operasi yang saya gunakan adalaah Windows 7 gaes,, nah dari pada saya install ulang laptop saya dengan Ubuntu dan saya juga kurang paham tentang linux, dan akhirnya saya dapat pencerahan gaes setelah browsing di internet bahwa kita bisa menggunakan VirtualBox untuk menjalankan Os Ubuntu di komputer tanpa harus menginstallnya sebagai defaultnya gaes.

nah bagi tema-teman yang ingin merasakan sistem operasi yang lain tapi kalian takut menginstallnya di laptop atau komputer kalian admin sarankan untuk menggunakan ini gaes, ok gaes karena terlalu panjang basa basinya kita langsung aja kepokok pembahasan awal heheh...:).

Cara Install Linux Ubuntu di VirtualBox By: Estho_Noles

Pertamakali yang harus kalian siapkan adalah Software VirtualBox dan yang kedua pastinya Os yang akan kalian jalankan gaes,,. seperti yang saya bagikan ini saya ingin menjalankan ubuntu di laptop saya nah kalian harus punya file operating systemnya.

1
Tampilan VirtualBox Saat pertama kali dioperasikan
.
Buka Aplikasi Virtualboxnya di komputer teman - teman nah untuk penampakannya kira kira seperti diatas.

2. Setelah itu kita klik icon New yang berwarna biru kita buat mesin virtualnya.

3.
cara install ubuntu di virtualbox tahap 1

Untuk namanya bisa sobat isi sesuai keingin sobat, nah untuk tipenya diisi linux dan version nya sobat pilih aja yang ubuntu disini saya menggunakan yang 64bit sobat, karena laptop saya osnya sudah 64 bit, untuk selanjutkannya kalian bisa klik Next.

4.
cara install ubuntu di virtualbox tahap 2
pada tahap ini sobat disuru memilih ukuran memori yang akan kalian gunakan di mesin virtual, nah sebagai saran aja karena virtualbox sudah merekomendasikan besaran memori yang bisa kalian gunakan dimesin virtualnya kalian tinggal klik Next aja gaes.

5.
cara install ubuntu di virtualbox tahap 3
pada tahap ini menentukan ukuran Harddisk yang akan kalian gunakan sebagai penyimpanan di mesin virtual kalian, Klik Create saja karena VirtualBox sudah merekomendasikan kapasistasny harddisk yang bisa sobat gunakan di mesin virtualnya seperti di sini terterea 8GB, Ok kita langsung Create aja sob.

6.
cara install ubuntu di virtualbox tahap 4
Untuk tahap ini kita langsung Klik Next aja gaes karena kita tidak perlu mengubah setingan yang ada.

7.
cara install ubuntu di virtualbox tahap 5
Ok gaes langsung aja Klik Next untuk proses selanjutnya.

8.
cara install ubuntu di virtualbox tahap 6
Ok sampai disini mesin virtual yang kita buat udah hampir selesai gaes Klik Create untuk Proses selanjutnya.

9.
cara install ubuntu di virtualbox tahap 7
pada mesin virtual yang kita buat tadi sobat klik kana dan pilih seting, nah untuk instalasinya arahkan DVD ROM atau Iso file yang sudah sobat download tadi, nah setelah itu klik Ok.

10.
cara install ubuntu di virtualbox tahap 8
Jreng Jreng !! File iso tadi yang kita masukkan sudah siap untuk kita eksekusi gaes, ok sobat langsung aja pilih Install Ubuntu atau Try Ubuntu (sama dengan Live CD)

11.
cara install ubuntu di virtualbox tahap 9
Pada tahapan ini sobat beri tanda centang untuk Install this third-party software untuk codec audio mp3, mpeg dll, kemudian klik Continue untuk melanjutkan proses instalasinya, dan pastikan komputer sobat terkoneksi internet untuk menginstall paket codecnya.
12.
cara install ubuntu di virtualbox tahap 10
Langsung Klik aja Install Now untuk proses selanjutnya.

13.
cara install ubuntu di virtualbox tahap 11
Untuk Tahap ini kita bisa pilih Jakarta atau yang lebih mudanya sobat bisa langsung mengetikkan nama kota di daerah sobat. ok Continue Gaes,,,

14.
cara install ubuntu di virtualbox tahap 12
Klik Continue Gaess,,,

15.
cara install ubuntu di virtualbox tahap 13
Masukkan Nama, Nama Komputer, Pasword, nah untuk paswordnya sendiri harus kuat sobat, Ok Lanjut gaes Klik Continue.

16.
cara install ubuntu di virtualbox tahap 14
Ok sambil nungguin proses instalasinya jangan lupa siapkan kopi agar sobat sobat tidak bosen nungguin prosesn instalasinya hehehe,,,,,,,,,

17.
cara install ubuntu di virtualbox tahap 15
Nah sampai tahap ini instalasinya sudah selesai sob, kita Klik Restart Now dulu gaes,,,,

18.
cara install ubuntu di virtualbox tahap 16
Kira kira setelah di Restart sobat tampilannya seperti diatas, berarti instalasinya berjalan dengan lancar gaesss,,, nah kalian tinggal masukkan password yang dibuat saat instalasi tadi untuk login ke ubuntunya gaes.

19.
Finish!! instalasi berhasil
Nah sampai disini instalasinya sudah selesai sobat kalian sudah bisa menggunakan ubuntunya, ok gaes bagaimana menurut kalian sangat mudah bukan??, selamat mencoba gaesss,,,,

Ok untuk kali ini saya cukupkan dulu artikelnya gaes,,, dan jangan lupa nantikan update artikel terbaru dari Esthonoles,,, : )

0 Response to "Cara Install Linux Ubuntu di Virtual Box || By : TutorNob"

Post a Comment

Komentar Sesuai isi konten blog, untuk komentar yang mengandung link aktiv admin tidak publiskasikan,berkomentarlah yang bijak
Be Smart People Gaess,,,,,

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel