Cara mengembalikan kapasitas flashdisk seperti semula

Sebelum kita bahas ketutorial saya mau tanya dulu sama teman-teman disini, pernah gak kalian mengalami kapasitas flashdisk kalian berkurang atau menjadi lebih kecil dari kapasitas yang tertera di flashdisk itu sendiri ?, ini tidak berlaku buat flashdisk yang kalian beli abal-abal alias flasdisk kawe, nah ini yang saya alamai tadi pagi.

cara atasi kapasitas flashdisk berkurang
cara atasi kapasitas flashdisk berkurang
Flashdisk yang saya pake tiba2 kapasitasnya hanya menjadi 300KB padahal flashdisk itu kapastiasnya 8GB, nah lo gimana gak kaget coba, mungkin teman - teman yang pemakaiannya tidak terlalu extrem alias cuma pakai sekedar nyimpen file doang kalian jarang sekali menemukan masalah seperti ini, nah mungkin bagi teman-teman yang suka buat installer OS pasti kalian pernah ngalamin kejadian yang tidak menyenangkan tersebut.

Jadi ceritanya begini, saya mau coba-coba nih install dual boot di laptop saya yaitu windows 7 sama kali linux, nah yang akan saya install yaitu os yang kedua yaitu kali linux karena di laptop saya sebelumnya sudah terinstall windows 7, yang saya butuhin kan flashdisk karena saya gak punya yaudah saya pinjem dulu ke temen untuk buata bootable kali linuxnya kan.

kacau dah,,, );
Setelah saya selesai pake tuh flashdisk saya coba format seperti biasa kan buat ngilangin file installernya, tapi yang anehnya kapasitas flasdisknya tidak kembali ke semula seperti yang saya bilang di awal flashdisk 8GB cuma terbaca 300KB dikomputer saya, lah saya bingung dong karena kalo biasanya di format aja udah bereskan udah balik ke kapasitas semula.

Ternyata setelah saya baca-baca di google banyak juga yang ngalamin kapasitas flashdisk berkurang setelah buat bootable linux, karena sebelum-sebelumnya saya buat bootable windows tidak pernah mengalamin hal semacam itu.

Jadi buat sobat-sobat yang baru coba-coba jangan kaget dulu jika kapasitas flasdisk kalian jadi berkurang setelah buat installer linux kalian bisa ikuti tutorialnya :

Cara Mengembalikan Kapasitas flashdisk seperti semula :

# Pertama yang harus kalian siapkan yaitu software BOOTICE (yup kita pake software aja biar mudah).

# Untuk sofwarenya kalian search aja di google gratis kok gan, buat yang males nih linknya Bootice

# Install sofwarenya dan jalankan, kira-kira penampakan pertama setelah di jalankan seperti gambar dibawah ini.

balikin ukuran flashdisk ke semula
secara otomatis Bootice akan mendeteksi flashdisk kalian

# Pastikan flashdisk kalian terbaca dan kemudian klik Parts Manage (perhatikan gambarnya baik2 gaes).
cara balikin ukuran flashdisk ke semula

# Pada tahap ini kalian pilih aja Re-Partioning.

bootice fix problem usb drive

# Kalian pilih USB-HDD mode (single Partition), tapi kalo kalian mau bikin banyak partisi di flashdisk kalian bisa pilih yang mode multi-partition, biar beda sama yang laen gitu wkwk.

Untuk yang bawahnya samakan aja biar gak ribet.

# Oke sampai disini sudah selesai tinggal kalian tunggu aja prosesnya gak lama kok, kalo selesai bakalan muncul dialog box kayak ini.

bootice download
succes mblo,,,
gk usah pake google translate kalian juga paham apa maksudnya apaan :').

kapasitas flashdisk berkurang
kapasitas flashdisknya utuh

Untuk memastikan kalian coba buka file explorer dan cek apakah flashdisk kalian sudah balik ke kapasitas semula, dan alhamdulillah flashdisknya balik gaes seperti yang kalian lihat pada gambar diatas.

jadi udah yah,, berterima kasihlah sama yang buat software bootice karena telah menyelamatkan kapastias flashdisk kalian.

Salam Gaptek
Admin Esthonoles

3 Responses to "Cara mengembalikan kapasitas flashdisk seperti semula"

Komentar Sesuai isi konten blog, untuk komentar yang mengandung link aktiv admin tidak publiskasikan,berkomentarlah yang bijak
Be Smart People Gaess,,,,,

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel